Permen Asem Jawa, Permen Tradisional yang Berkhasiat

Permen Asem Jawa, Permen Tradisional yang Berkhasiat

Permen asem Jawa merupakan salah satu jajanan tradisional yang biasanya dijadikan makanan ringan bagi anak-anak maupun orang dewasa. Permen ini memilki rasa asam hingga manis. Selain itu, permen ini biasanya mempunyai bentuk bulat dan berwarna cokelat. Hal ini sesuai dengan warna asam Jawa yang mempunyai warna coklat tua. Akan tetapi, permen ini tidak memiliki tekstur yang lengket sehingga mudah untuk dimakan. Permen ini memiliki beberapa kandungan gizi yang diambil dari bahan utamanya yaitu asam Jawa. Kandungan gizi yang ada pada permen ini adalah berbagai jenis vitamin seperti Vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin B1. Selain itu, permen ini juga mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, zat besi, dan fosfor. Ada banyak manfaat kesehatan dari mengonsumsi permen ini seperti membantu menyembuhkan sariawan, deman, batuk, dll. Sehingga, permen ini merupakan salah satu permen yang dapat digunakan untuk makanan ringan tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Jika kamu ingin menikmati permen yang dibuat dari asam Jawa ini, kamu bisa membeli dalam bentuk sudah jadi. Ada beberapa permen yang telah dibuat oleh pabrik besar dan dijual bebas baik di toko offline maupun online. Kamu bisa memilih sesuai dengan yang kamu inginkan. Akan tetapi, kamu juga bisa membeli permen ini yang dibuat oleh industri rumahan. Permen hasil industri rumahan ini memiliki tekstur yang sedikit berbeda dengan yang dibuat oleh pabrik. Akan tetapi, kualitas dan rasanya tidak diragukan. Beberapa industri rumahan justru mampu memproduksi permen dari asam Jawa dengan kualitas lebih baik dibandingkan hasil buatan pabrik. Hal ini disebabkan industri rumahan hanya menggunakan bahan yang alami dan proses yang alami. Sehingga, hasilnya lebih otentik seperti permen pada zaman dahulu.

Permen Asem Jawa, Permen Tradisional yang Berkhasiat

Jika kamu lebih menyukai permen yang dibuat secara tradisional, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Proses pembuatan permen dari asam Jawa ini terbilang cukup mudah. Pertama, kamu perlu menyiapkan bahan yang dibutuhkan asam Jawa, air hangat, air biasa, gula merah, gula pasir, jahe yang telah digeprek, dan tepung roti. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memisahkan asam Jawa dan bijinya. Caranya, kamu bisa memasukkan asam Jawa ke dalam air panas. Setelah itu, aduklah sebentar air hangat tersebut hingga asam Jawa terlepas dari bijinya. Setelah itu, saringlah asam Jawa yang telah terlepas dari bijinya. Hal yang perlu dilakukan setelahnya adalah memasak asam Jawa. Pertama, didihkan air, kemudian masukkan gula merah dan gula pasir. Setelah itu, masukkan jahe yang telah digeprek ke dalam rebusan. Aduklah rebusan tersebut hingga campurannya menjadi rata.

Setelah itu, masukkan asam Jawa yang telah dihilangkan bijinya ke dalam air rebusan gula dan jahe tadi. Setelah beberapa saat, kamu bisa memasukkan tepung roti agar rebusan bisa mengental. Setelah itu, tunggulah beberapa saat hingga rebusan menjadi kental sempurna. Setelah mengental, matikan kompor dan angkat adonan tadi. Setelah itu, ambillah sedikit bagian dari adonan. Kemudian bentuk menjadi bulatan yang tidak terlalu besar (sesuaikan dengan ukuran yang kamu inginkan). Setelah itu, masukkan bulatan permen dari asam Jawa ini ke dalam gula pasir dan lumuri dengan gula pasir. Untuk menyimpan permen ini, kamu bisa memasukkannya ke plastik sebagai bungkus dari permen ini. Masukkan ke lemari pendingin agar bisa disimpan lebih lama.