Black Shark 3 Pro vs ROG Phone II, Mana yang Jadi HP Game Terbaru Pilihan?

Black Shark 3 Pro vs ROG Phone II, Mana yang Jadi HP Game Terbaru Pilihan?

Oke, Xiaomi memperkenalkan kelanjutan seri hp game terbaru mereka dengan merilis Black Shark 3 Pro di awal Maret 2020 yang lalu. Lantas, apakah ponsel gaming ini sanggup menandingi pamor produk kompetitornya yang sudah lebih dulu bermain di ranah gaming dengan lini laptop gamingnya, ASUS dengan ROG Phone II?

Membandingkan antara Black Shark 3 Pro vs ROG Phone II

Kalau Kamu termasuk pemilik salah satu hp gaming yang ingin naik kasta dan ingin mencari unit terbaru yang bisa diandalkan untuk mengeksekusi Judi Online kekinian yang semakin “menyiksa”, mungkin artikel kali ini bisa sedikit mencerahkan. Kali ini kita akan secara singkat membandingkan 2 produk andalan yang disebut-sebut sebagai hp gaming mumpuni.

Secara spesifikasi, mungkin Kamu bisa menemukan daftar lengkapnya di situs-situs ponsel. Di sini, kita hanya akan bahas hal inti yang mungkin jadi pertimbangan utama Kamu mencari hp gaming. Hal yang akan kita bandingkan antara lain dapur pacu, kamera, layar dan baterai. Yuk, kita langsung saja

Dapur Pacu

Jelas hp gaming dituntut untuk memiliki chipset yang harus mumpuni, tak hanya sekedar cepat untuk multitasking saja tetapi juga dalam mengelola sumberdaya grafis yang diminta oleh game. Black Shark 3 Pro yang hadir belakangan memang menggunakan prosesor generasi yang lebih baru (Snapdragon 865) dibanding ROG Phone 2 (Snapdragon 855+). Meskipun kecepatan tertinggi ada di pihak ASUS dengan maks. 2.96GHz, nyatanya chipset terbaru tetap lebih menjajikan.

Sementara untuk menunjang performa, hal yang tak kalah vital yaitu memori dan RAM. Keduanya sama menggunakan UFS 3.0 yang menjanjikan solusi penyimpanan dan akses file yang jauh lebih cepat dibanding eMMC. Namun perlu Kamu ketahui bahwa ASUS menawarkan lebih banyak konfigurasi yang bisa dipilih sesuai budget yang dimiliki.

Kamera

Kamera juga seringkali menjadi deal-breaker, bahkan untuk produk hp gaming sekalipun. Kedua ponsel yang kita bandingkan pun memiliki plus minus masing-masing. dari kamera belakang, Black Shark 3 Pro unggul dengan resolusi lebih tinggi (64Mp) dengan konfigurasi 3 kamera sementara ASUS menggunakan 2 buah sensor dengan resolusi utama hanya 48Mp. Hasilnya, Xiaomi unggul di detail foto dan depth sensing yang lebih baik dengan sensor dedicated.

Lain cerita untuk kamera depan dimana ASUS justru unggul dengan resolusi 24Mp. Xiaomi mungkin cukup percaya diri dengan 20Mp yang memang sudah cukup untuk kebutuhan seperti siaran, wefie atau bahkan selfie. Mungkin skenario gamer akan lebih sering berinteraksi dengan kamera depan dibanding kamera belakang, tapi tergantung Kamu sebagai pengguna.

Layar

Dimensi layar Black Shark 3 Pro sedikit lebih luas dengan diagonal 7,1 inci untuk menampung resolusi 1440 x 3130 piksel. ROG Phone II menerapkan layar 6,59 inci untuk resolusi 1080 x 2340 piksel. Luas layar ini mungkin juga sangat berpengaruh pada pengalaman bermain meskipun keduanya memiliki banyak aksesoris pendamping.

Black Shark 3 Pro vs ROG Phone II, Mana yang Jadi HP Game Terbaru Pilihan?

Soal teknologi layarnya, Black Shark 3 Pro menggunakan 270Hz touch sensing ditambah dukungan untuk HDR 10+ dibanding ROG Phone II yang menggunakan layar 240Hz touch sensing dengan dukungan HDR 10. Apakah kedua hal ini signifikan untuk pengalaman gaming? Jawabannya pun tergantung Kamu pula, seberapa pentingkah selisih diantara keduanya.

Baterai

Di aspek daya, kedua ponsel ini juga memiliki selisih yang juga terkesan nanggung karena Black Shark 3 Pro memiliki baterai 5000 mAh, sementara ROG Phone II 6000 mAh. Apakah selisih 1Ah ini berarti sesuatu untuk pengalaman gamingmu nantinya? Bisa saja, mengingat hal ini berkaitan dengan durasi bermain dan durasi charging.

Sebenarnya mungkin masih ada beberapa hal yang bisa Kamu bandingkan lagi diantara kedua hp game terbaru ini. Namun kemungkinan besar hal ini akan sangat dipengaruhi oleh preferensi Kamu sebagai gamer dan ketersediaan barang dan budget.